• Gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMA IGNATIUS SLAMET RIYADI. Telah dibuka penerimaan siswa baru 2024-2025 (GEL 1. Agustus - Desember, GEL 2. Januari - juni). informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kontak, Info Kontak TK. 0267-8604101, SD. 0267-601145, SMP. 0267-600234, SMA 0267-8604065. .. Terima Kasih Atas Kunjungannya.... Segenap Keluarga Besar SMA Slamet Riyadi mengucapkan Selamat HUT RI yang ke 76

Pencarian

Kontak Kami


SMA IGNATIUS SLAMET RIYADI

NPSN : 20252842

Jl.Pandawa No.5 Perum Resinda. Telp.0267-8604065 Karawang 41361


smaisr-karawang@gmail.com, info@smaslametriyadi-karawang.sch.id

TLP : 02678604065


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai Sekolah Dengan Sistem SKS?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 517684
Pengunjung : 195149
Hari ini : 5
Hits hari ini : 21
Member Online : 0
IP : 44.192.67.10
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PENGGUNAAN GEOGEBRA PADA SPLTV




“ Penggunaan Aplikasi Geogebra untuk Menyelesaikan Sistem Persamaaan Tiga Variabel ( SPLTV ) ”

Robert Parulian, S.Si           

Sistem persamaan linear tiga variabel ( SPLTV ) adalah pelajaran matematika wajib di kelas XI baik untuk program IPA ataupun IPS pada kurikulum 13 ( K-13 ). Biasanya untuk materi tersebut siswa menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel dengan cara manual yang terdiri dari metode substitusi, eliminasi dan determianan. Walaupun penyelesaian masalah dilakukan secara manual sangat penting untuk bisa dipahami oleh siswa tetapi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran matematika sangat dibutuhkan penggunaan perangkat teknologi. Perangkat teknologi mempunyai peran sangat penting dalam pembelajaran matematika sebagai alat untuk mengerjakan matematika, alat untuk melatih keterampilan bermatematika, dan alat untuk membantu mengembangkan pemahaman konsep matematis. Ketiga peran diuraikan dan dilengkapi contoh konkret pada topik aljabar, kalkulus, dan geometri untuk tingkat sekolah menengah pertama dan atas menggunakan teknologi yang relatif mudah didapat, seperti software Microsoft Excel dan GeoGebra. Berikut penulis paparkan penggunan geogebra yang telah dilaksanakan siswa dalam proses pembelajaran :

Keunggulan penggunan dari geogebra untuk pembelajan matematika, yaitu :

  1. Dapat menghasilkan lukisan geometris dengan cepat dan cermat, bahkan yang paling rumit.
  2. Adanya fasilitas animasi dan gerakan manipulasi yang dapat memberikan pengalaman visual dalam memahami konsep geometris.
  3. Dapat digunakan sebagai bahan balikan/penilaian untuk memastikan bahwa lukisan geometri yang dihasilkan adalah benar.
  4. Mempermudah untuk menyelidiki atau menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek
  5. GeoGebra dapat digunakan untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis.
  6. Alat bantu untuk mengkonstruksi konsep-konsep tersebut.
  7. Objek-objek matematika yang bersifat abstrak dapat divisualisasi sekaligus dapat dimanipulasi secara cepat dan efisien

Kelemahan penggunan dari geogebra untuk pembelajaan matematika, yaitu :

  1. Pada media pembelajaran menggunakan geogebra belum dapat menampilkan visualisasi tiga dimensi (3D).
  2.  Kurangnya pengajar yang mengetahui media pembelajaran menggunakan Geogebra.
  3. Permasalahan dalam pengaturan dan pengoperasian dari aplikasi software Geogebra

 

Dari paparan di atas terlihat bahwa penggunaan geogebra lebih banyak maanfaatnya dibandingkan dengan kekurangannya.

 

Respon siswa pun sangat postif dalam pengggunaan aplikasi ini karena sangat mudah digunakan dan melatih siswa untuk berpikir kreatif untuk membuat kerangka di dalam geogebra nya.

 

Hasil yang dicapai dalam tujuan pembelajaran pun terjadi peningkatan signifikan di mana siswa terlihat menjadi aktif dan kreatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :





   Kembali ke Atas